Minggu, 10 September 2017

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis dan No Halaman yang Berbeda dalam 1 File Ms. Word

Pada kesempatan ini saya kembali memberikan beberapa pengetahuan kepada teman-teman semua tentang Microsoft Word.
Dalam tutorial kita kali ini saya akan membahas tentang cara membuat nomor halaman yang berbeda dalam satu file Microsoft Word. Teman-teman pasti pernah melihat sebuah dokumen yang didalamnya terdapat beberapa BAB dan disetiap BAB itu memiliki tipe penomoran halaman yang berbeda-beda. Nah, disini kita akan membahas tutorialnya.
Dalam Microsoft Word terdapat suatu fungsi yaitu Section. Section ini terdapat pada setiap lembar kerja. Section ini berfungsi untuk menyimpan settingan setiap lembar kerja. Biasanya jika kita tidak mengatur sectionnya, dalam satu file dokumen Microsoft Word itu hanya terdapat satu section saja. Oleh karena itu, semua settingan pada lembar kerja tersebut sama.
Disini kita memiliki 6 pages atau 6 lembar kerja :

Langkah awal yang harus kita lakukan yaitu menampilkan Navigation untuk melihat heading-hedaing yang ada dalam dokumen tersebut.

Jika teman-teman belum membuat daftar isinya, maka teman-teman harus membuat daftar isi terlebih dahulu agar nanti tidak bolak balik mengatur sectionnya. Disini kita akan membuat daftar isi secara otomatis menggunakan table of contents. Tapi, daftar isi secara otomatis ini hanya bisa dibuat jika teman-teman menggunakan menu Style dalam pengetikan dokumennya. Langkah-langkah membuat daftar isi otomatis adalah :
Buat dulu judul Daftar Isinya menggunakan Heading 1. Hapus tulisan BAB I sehingga hanya menampilka tulisan Daftar Isi saja.

Klik : References => Table of Contents => Automatic Table 1 (contents)

Setelah daftar isi muncul, hapus tulisan contents. Disitu kita dapat melihat penomoran halamannya masih berurut pada setiap BAB. Nah, kita akan mengubah nomor halaman tersebut agar berbeda pada setiap BAB nya.
Selanjutnya kita harus mengubah agar halaman pada BAB 1 menjadi section 2. Caranya adalah :
Klik : Page Layout => Breaks => Next Page

Sekarang halaman BAB 1 sudah menjadi section 2. Hal yang sama juga harus dilakukan pada setiap halaman BAB selanjutnya agar halaman setiap BAB memiliki section yang berbeda sehingga tidak memiliki settingan yang sama.
Buat nomor halaman dengan cara :
Pada menu Design (Header dan Footer), klik Page Number => Bottom of Page => Plain Number 2

Setelah itu blok nomor halaman pada section 1 => klik kanan => Format Page Numbers

Setelah muncul kotak dialog, ubah Number Format menjadi angka romawi kecil, pilih Start at, dan ubah menjadi i, klik OK.

Selanjutnya kita ubah setting nomor halaman pada section 2. Sebelum diubah kita hilangkan dulu Same as Previous dengan cara mengklik Link to Previous hingga fungsi ini tidak aktif lagi. Setelah itu blok nomor halaman => klik kanan => Format Page Numbers
Ubah Number Format menjadi angka arab, centang Include Chapter Number (berfungsi untuk membuat nomor halaman mempunyai identitas headingnya), ubah Start at menjadi 1, klik OK. Begitu seterusnya dilakukan untuk setiap settingan nomor BAB nya.

Setelah semuanya selesai, kembali ke halaman Daftar Isi. Klik Update Table => pilih Update Page Numbers Only => klik OK


Nah, sekarang semua nomor halaman sudah berubah settingannya dan sudah memiliki identitas Heading masing-masing. Demikianlah tutorial kita kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman semua ketika menulis Tugas Akhir atau dokumen apapun yang teman-teman butuhkan. Jangan lupa berikan komentar di bawah untuk setiap kekurangan dan hal-hal yang teman-teman kurang mengerti dari tutorial di atas. Terimakasih.


1 komentar:

Jangan lupa komentar nya kawan