Sabtu, 25 Maret 2017

Cara Membuat Heading Menggunakan Menu Styles pada Microsoft Word

Assalamu’alaikum wr.wb…
Pada kesempatan kali ini saya akan memposting tentang Cara Membuat Heading Menggunakan Menu Styles pada Microsoft Word. Tutorial ini saya buat untuk memenuhi tugas kuliah saya yaitu Tata Tulis Karya Ilmiah.

Kalian pasti sudah sering sekali menggunakan aplikasi yang satu ini, jadi kalian pasti sudah tahu tentang dasar-dasar penggunaan Microsoft Word. Namun, masih banyak juga diantara kita yang sering mengabaikan menu styles yang ada pada Microsoft Word, entah itu karena tidak tahu fungsinya ataupun karena alasan yang lainnya. Sebernya Microsoft Word sudah sangat banyak memberikan kemudahan untuk kita, salah satunya adalah fugsi dari menu styles.
Beberapa fungsi menu Styles pada Microsoft Word adalah :
1.      Untuk memberikan kemudahan kepada kita apabila kita ingin mengganti pengaturan heading atau isi dokumen seperti jenis font, ukuran, dll. Jika kita tidak menggunakan menu styles dalam penulisan dokumen, maka tentulah kita harus mengganti pengaturannya secara satu persatu. Hal ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama jika dokumen yang kita buat itu banyak seperti pembuatan laporan prakerin, karya ilmiah dan lain sebagainya.
2.      Memberikan kemudahan kepada kita untuk membuat daftar isi secara otomatis menggunakan table of contents.

Pada Microsoft Word 2010, Toolbar Styles terletak pada Tab Home :

Baiklah langsung saja kita mulai langkah-langkah untuk membuat Heading dengan menggunakan menu Styles pada Microsoft Word. Berikut langkah-langkahnya :
1.      Pada toolbar Paragraf, klik Multilevel List kemudian pilih List yang ada tulisan “Heading”.


2.      Setelah itu akan muncul angka 1 pada lembar kerja anda. Kemudian klik lagi Multilevel List dan pilih Define New Multilevel List.


3.      Akan muncul kotak dialog seperti gambar di bawah ini :


Pada kotak dialog tersebut, kita ubah Number Style menjadi angka romawi besar untuk membuat judul bab. Kemudian pada kotak Enter Formatting For Number, tambahkan tulisan “BAB” di depan angka romawi. Setelah itu klik More.

4.      Selanjutnya masih pada kotak dialog yang sama kita ubah Follow Number With dari Tab Character menjadi Nothing. Hal ini berguna agar tulisan judul bab nanti ketika diletakkan di tengah akan rata tengah secara sempurna.


5.      Selanjutnya klik heading 2, lalu centang Legal Style Numbering. Ini berfungsi untuk mengubah angka romawi yang ada di depan .1 menjadi angka arab (I.1 menjadi 1.1). Lalu klik OK.


6.      Ketiklah judul bab “PENDAHULUAN”, lalu tekan ctrl+e agar menjadi rata tengah. Setelah itu tekan shift+enter untuk membuat tulisan PENDAHULUAN terletak di bawah tulisan BAB I. Namun, terkadang kita menemui antara tulisan BAB dengan tulisan PENDAHULUAN tidak sejajar terletak di tengah. Hal ini disebabkan oleh Indentnya yang tidak sejajar letaknya. Caranya, cukup geser saja Hanging Indent agar letaknya sejajar dengan First Line Indent.


7.      Setelah itu blok semua tulisan lalu atur ukuran font, jenis dan warnanya. Kemudian masuklah ke kotak dialog Paragraf. Aturlah pengaturan spacing seperti gambar berikut :


 8.      Kemudian klik Line and Page Breaks. Centang Page Break Before, lalu klik OK.



 9.      Setelah settingannya selesai, klik kanan pada styles Heading 1 lalu klik Update Heading 1 to Match Selection.



10.  Selanjutnya kita buat judul Latar Belakang dengan menggunakan Heading 2. Sama seperti Heading 1, setelah kita pilih Heading 2 lalu kita atur ukuran font, jenis font, dan warnanya lalu update ke Heading 2.



11.  Nah, setelah selesai kita mengatur Headingnya, sekarang kita ketik isinya. Setelah isinya di ketik, kita blok semua isinya lalu kita ubah jenis font, dan ukurannya.



12.  Selanjutnya masuk ke kotak dialog Paragraf lalu ubah settingannya seperti gambar berikut :




Pada group Indentation, ubah Before Text menjadi 0.4” supaya batas kiri dari tulisan isi sejajar dengan judul.
Ubah Special dari (none) menjadi Firs Line untuk membuat baris pertama pada setiap awal paragraph menjorok kedalam.
Pada group Spacing, atur Before menjadi 12 pt agar batas spasi antar paragraph terlihat.
Terakhir, Line spacing jadikan 1.5 Lines. Lalu klik OK.

13.  Setelah itu jangan lupa update ke Normal.



14.  Kemudian kita buat lagi judul yang ke-2 yaitu Rumusan Masalah. Setelah diketik, klik Heading 2 agar Tulisan Rumusan Masalah sama dengan tulisan Latar Belakang.



15.  Nah, disini dapat kita rasakan betapa mudahnya melakukan pengetikan dokumen dengan memanfaatkan menu Styles. Setelah mengetik kita hanya perlu meng-klik Heading yang kita butuhkan, lalu tulisan itu akan berubah menjadi Heading yang kita butuhkan tanpa harus melakukan settingan lagi.


Baiklah, selesai sudah pembahasan mengenai langkah-langkah pembuatan Heading dengan menggunakan menu Styles pada Microsoft Word. Semoga dapat menambah pengetahuan teman-teman semua dalam hal pengetikan dokumen yang lebih mudah. Sekian dari saya, jika ada salah dan kurang saya mohon maaf. Wassalamu’alaikum wr.wb…

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa komentar nya kawan