Rabu, 05 April 2017

Tutorial Membuat Tulisan Arab Berbaris pada Microsft Word 2010 di Windows 10

Assalamu’alaikum…
Kali ini saya akan berbagi sedikit ilmu tentang cara membuat tulisan arab berbaris di Microsoft Word pada Windows 10. Ada sedikit perbedaan tampilan cara menambahkan tulisan arab pada setiap SO Windows, tapi intinya sama saja sebenarnya, hanya tampilan tata letak menu settingnya saja yang agak sedikit berbeda.
Baiklah, pertama sekali kita harus menambahkan bahasa Arab pada computer, atau laptop atau notebook kita. Caranya adalah :
Klik icon start/tekan tombol windows => ketik control panel => klik control panel

Setelah jendela control panel terbuka, pilih add a language.

Pada gambar dibawah kita melihat bahwa ada bahasa English (United States). Untuk menambahkan bahasa Arab, klik Add a language.

Disini kita bisa menambahkan berbagai bahasa. Namun, kali ini kita akan menambahkan bahasa Arab. Klik 2x pada Arabic.

Setelah itu pilih Arabic (Saudi Arabia) lalu klik Add.

Nah, bahasa Arab sudah berhasil ditambahkan di computer kita. Sekarang klik Option lalu klik Preview untuk melihat tampilan keyboardnya.



Pada taskbar kita dapat melihat bahwa keyboard Arabic (Saudi Arabia) sudah terdaftar pada computer kita. Untuk mengaktifkan keyboard Arabic, tinggal klik saja option Arabic (Saudi Arabia) Arabic 101 keyboard. Atau tekan tombol shorcutnya saja yaitu shift+alt.

Setelah keyboard ditambahkan sekarang kita akan belajar membuat baris pada huruf arab tersebut. Sebenarnya tidak sulit, hanya saja karena keyboard pada laptop atau computer kita bukan keybord tulisan arab makanya kita banyak kebingungan. Untuk memudahkan kita menulis huruf arab, kita bisa melihat tata letak huruf-huruf arab tersebut dengan menggunakan on-screen keyboard.
Klik start => ketik on-screen keyboard => pilih on-screen keyboard

Jika kita melihat lebih dekat, pada bagian atas huruf-huruf arab tersebut kita dapat melihat tulisan arab kecil-kecil. Pada tombol yang sudah di kurung dengan garis warna merah, itu adalah letak harakat (baris) untuk huruf arab tersebut. Cara menggunakan atau menampilkannya adalah ketik dulu huruf arabnya, lalu tekan shift + tombol keyboard tempat harakat tersebut terletak.
Contoh : Jika kita ingin membuat huruf alif berharakat fathah, maka kita ketik terlebih dahulu huruf alif lalu tekan shift+Q. maka huruf alif tersebut akan berharakat fathah.

Untuk shortcut membuat harakat kita dapat menekan tombol :
Shift + Q : Baris Atas (Fathah)
Shift + W : Baris Dua di Atas (Fathah Tanwin)
Shift + E : Baris Depan (Dommah)
Shift + R : Baris Dua di Depan (Dommah Tanwin)
Shift + A : Baris Bawah (Kasroh)
Shift + S : Baris Dua di Bawah (Kasroh Tanwin)
Shift + X : Baris Mati (Sukun)
Shift +  ~ (tombol di bawah ESC) : Tasydid

Demikianlah tutorial kita kali ini. Semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman semua dalam membuat huruf arab berbaris pada Microsoft Word. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan ataupun bahasa yang saya gunakan. Sesungguhnya manusia itu tidak luput dari khilaf dan salah.
Wassalamu’alaikum wr. wb…

11 komentar:

  1. السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
    Trimaksih atas infonya, n mo nanya nih! Tlisan bismillah yang sring di baca alifnya ada di pangkal, nah bagaimana cara buatnya? Tolong bantuannya! N trimaksih :)

    BalasHapus
  2. السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
    Trimaksih atas infonya, n mo nanya nih! Tlisan bismillah yang sring di baca alifnya ada di pangkal, nah bagaimana cara buatnya? Tolong bantuannya! N trimaksih :)

    BalasHapus
  3. السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
    Trimaksih atas infonya, n mo nanya nih! Tlisan bismillah yang sring di baca alifnya ada di pangkal, nah bagaimana cara buatnya? Tolong bantuannya! N trimaksih :)

    BalasHapus
  4. Terimaksih. Semiga bermanffat bagi kita semua. Aamiin

    BalasHapus
  5. terima kasih .. sangat2 membantu saya

    BalasHapus
  6. Terimakasih. Sangat membantu sekali

    BalasHapus
  7. Terima kasih atas informasinya

    BalasHapus
  8. Mohon mencelah admin
    Cara membaris perkataan Arab menggunakan perisian Harakatku v1.0.
    Mudah dan cepat.
    https://harakatkublog.blogspot.com/p/penggunaan.html?m=1

    BalasHapus
  9. Terima kasih atas ilmunya. semoga menjadi bekalan di akhirat kelak.

    BalasHapus

Jangan lupa komentar nya kawan