Minggu, 11 Oktober 2015

Cara Membuat Image Ghost

1.       Apa Itu Ghost ??

Ghost adalah salah satu tipe product dari Symantec Norton Ghost yang berfungsi untuk memback up secara penuh suatu hardisk dan merestorisasi nya. Aplikasi ini sangat membantu karena dapat mencadangkan data-data penting kita dan melindunginya dari serangan virus yang dapat menghilangkan data. Hasil dari back up tadi akan disimpan dalam bentuk .iso sehingga semua data yang ada didalam image back up tadi menggunakan system read-only.  Jadi data tersebut tidak dapat ditambah, dikurang maupun ditukar, dan virus pun tidak akan bisa masuk. Hasil dari back up tadi biasa disebut image ghost.  Nah, disini saya akan memback up suatu hardisk laptop yang berisi system operasi winsows. Dimana image ghost nya nanti juga bisa digunakan atau di restore di laptop lain yang memiliki tipe yang sama dengan laptop sumber image ghost tersebut. Ini sangat membantu kita ketika system operasi pada laptop kita sudah bekerja tidak optimal dan kita ingin menginstalnya. Jika kita telah membuat file image ghost nya terlebih dahulu, maka kita tidak perlu lagi repot-repot menginstal laptop dengan CD system operasi tertentu yang membutuhkan waktu sangat lama dan membosankan. Kita cukup merestore image ghost yang telah kita buat tadi. Proses ini sangat efektif dan efisien. Kita hanya melakukan satu kali proses maka system operasi, driver, dan aplikasi secara otomatis sudah langsung terinstal sesuai dengan kondisi seperti saat kita melakukan back up hardisk tadi.

2.       Cara Membuat Image Ghost

Disini saya menggunakan  suatu aplikasi Hiren’s boot 2013 untuk membuat image ghost karena di dalamnya sudah ada fitur Norton ghost.

1.      Siapkan Cd hiren’s boot 2013.
2.      Masukan Cd Hiren’s boot, setting BIOS agar booting dari CD-ROM, simpan settingan. kemudian tunggu sampai muncul menu di Hiren’s, pilih menu mini windows Xp atau mini windows 7.
3.      Pilih HBCD>Menu>Backup>Ghost32.


4.      Pilih Ok, atau tekan enter.
5.      Perhatikan gambar dibawah, pilih :
Local>Partition>To Image : Untuk membuat file image dari salah satu partisi didalam hardisk.


6.      Pilih local drive atau resource yang akan dibuat file image, kemudian klik OK.


7.      Kemudian pilih partisi dari local drive yang telah dipilih tadi, dalam pembahasan kali ini yang dipilih adalah partisi dengan jenis file system NTFS, pilih primary C: dimana partisi tersebut berisi file system dari Sistem Operasi Windows.


8.      Selanjutnya simpan file image tersebut disalah satu partisi atau Local drive, kemudian pilih save.


9.      Pilih High dan tekan enter.


10.  Tunggu sampai proses ini selesai, Proses ini akan memakan waktu yang lama tergantung dari besarnya partisi yang dijadikan file image.


11.  Jika proses selesai, maka akan ada pesan yang muncul, Pilih continue.


12.  Sekarang cek, apakah file image tersebut ada di local drive yang dijadikan tempat penyimpanan file ghost tersebut. Jika ada berarti proses pembuatan file image telah berhasil.

7 komentar:

Jangan lupa komentar nya kawan